Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghapus Virus dan Malware pada Windows 10

Konten [Tampil]

OPERATORDATA - Virus, malware, atau perangkat lunak berbahaya dapat menyebabkan Laptop/PC Anda berjalan lambat. Gejala lain termasuk pesan pop-up tak terduga, program yang tiba-tiba mulai secara otomatis, atau suara hard disk Anda terus bekerja.

Malware, Virus

Cara terbaik untuk menangani virus dan perangkat lunak berbahaya adalah dengan mencoba mencegahnya dengan menjalankan perangkat lunak antimalware dan antivirus dan selalu memperbaruinya. Namun, bahkan jika Anda mengambil tindakan pencegahan, Laptop/PC Anda masih bisa terinfeksi.

Anda dapat memindai PC Anda dari virus atau perangkat lunak berbahaya lainnya dengan menggunakan Windows Security (sebelumnya Windows Defender Security Center), yang disertakan dalam Windows 10. Untuk info selengkapnya, lihat  Cara melindungi Laptop/PC Windows 10 Anda .

Catatan: 

  • Jika Anda menggunakan perangkat lunak antivirus atau antimalware lain, lihat dokumentasi program tersebut untuk mempelajari cara memindai virus. Juga, pastikan beberapa program antivirus tidak berjalan secara bersamaan. Jika ya, pilih yang ingin Anda jalankan, lalu nonaktifkan atau hapus instalan yang lain.
  • Jika Anda memiliki program antivirus lain yang diinstal dan dihidupkan, Keamanan Windows akan dimatikan secara default.

Untuk memindai virus menggunakan Keamanan Windows (Windows 10 Versi 1809 atau lebih baru)

  1. Pilih Mulai   > Pengaturan > Perbarui & Keamanan > Keamanan Windows  lalu pilih  Buka Keamanan Windows .
  2. Pilih V irus & perlindungan ancaman , lalu pilih Periksa pembaruan di bawah Pembaruan perlindungan virus & ancaman .
  3. Pada layar Pembaruan perlindungan , pilih Periksa pembaruan untuk memastikan Anda memiliki pembaruan terbaru.
  4. Pilih Perlindungan virus & ancaman , lalu pilih Pemindaian cepat Tunggu Keamanan Windows untuk menyelesaikan pemindaian virus dan malware.
  5. Lakukan salah satu hal berikut, tergantung pada hasil pemindaian:
  • Jalankan pemindaian lanjutan yang disarankan. Pemindaian ini memakan waktu lebih lama tetapi mencari lebih banyak ancaman pada Laptop/PC Anda.
  • Jika Keamanan Windows menemukan virus atau malware dan tidak dapat menghapus atau mengkarantinanya, hubungi Dukungan Microsoft untuk mendapatkan bantuan.
  • Jika tidak ada virus yang ditemukan, restart Laptop/PC Anda dan coba ulangi masalah kinerja yang Anda alami dengan PC Anda.

Catatan: 

  • Jika Windows Security tidak terbuka, tidak dapat memperbarui file definisi, atau tidak dapat menyelesaikan pemindaian virus, coba jalankan Windows Defender Offline, yang dijelaskan di bawah ini di Untuk memindai malware dan virus dengan Windows Defender Offline (Versi Windows 10 1809 atau lebih baru) .
  • Untuk melihat versi Windows 10 yang sedang dijalankan perangkat Anda, pilih tombol Mulai  tombol, lalu pilih Pengaturan > Sistem> Tentang . 

Untuk memindai virus menggunakan Windows Defender Security Center (Windows 10 Versi 1803)

  1. Pilih  Mulai   > Pengaturan > Perbarui & Keamanan > Keamanan Windows dan kemudian pilih  Buka Pusat Keamanan Windows Defender .
  2. Pilih Perlindungan virus & ancaman , lalu pilih Pembaruan perlindungan virus & ancaman > Periksa pembaruan untuk memastikan Anda memiliki file definisi terbaru.
  3. Pilih  tab Perlindungan virus & ancaman , lalu pilih Pindai sekarang .Tunggu hingga Windows Defender Security Center selesai memindai virus dan malware.
  4. Lakukan salah satu hal berikut, tergantung pada hasil pemindaian:
    • Jalankan pemindaian lanjutan yang disarankan. Pemindaian ini memakan waktu lebih lama tetapi mencari lebih banyak ancaman pada PC Anda.
    • Jika Pusat Keamanan Windows Defender menemukan virus atau malware dan tidak dapat menghapus atau mengkarantinanya, hubungi Dukungan Microsoft untuk mendapatkan bantuan.
    • Jika tidak ada virus yang ditemukan, restart PC Anda dan coba ulangi masalah kinerja yang Anda alami dengan PC Anda.

Catatan: 

  • Jika Windows Defender Security Center tidak terbuka, tidak dapat memperbarui file definisi, atau tidak dapat menyelesaikan pemindaian virus, coba jalankan Windows Defender dalam Mode Offline, yang dijelaskan di bawah ini di Untuk memindai malware dan virus dengan Windows Defender Offline (Windows 10 Versi 1803) .
  • Untuk melihat versi Windows 10 yang sedang dijalankan perangkat Anda, pilih tombol Mulai  tombol, lalu pilih Pengaturan > Sistem> Tentang .

Untuk memindai malware dan virus dengan Windows Defender Offline (Windows 10 Versi 1809 atau lebih baru)

  1. Simpan dokumen apa pun atau apa pun yang mungkin telah Anda buka di PC.
  2. Pilih  Mulai   > Pengaturan > Perbarui & Keamanan > Keamanan Windowslalu pilih  Buka Keamanan Windows .
  3. Pilih Perlindungan virus & ancaman , lalu di bawah Ancaman saat ini , pilih Opsi pemindaian > Pemindaian offline Windows Defender > Pindai sekarang . PC Anda akan restart, dan Windows Defender Offline akan berjalan dan memindai virus dan malware. Pemindaian mungkin memakan waktu sekitar 15 menit, dan PC Anda akan restart lagi setelah itu.
  4. Cobalah untuk mereproduksi masalah kinerja.

Jika PC Anda masih berjalan lambat, lanjutkan ke tip berikutnya.

Untuk memindai malware dan virus dengan Windows Defender Offline (Windows 10 Versi 1803)

  1. Simpan dokumen apa pun atau apa pun yang mungkin telah Anda buka di PC.
  2. Pilih  Mulai   > Pengaturan > Perbarui & Keamanan > Keamanan Windowsdan kemudian pilih  Buka Pusat Keamanan Windows Defender .
  3. Pilih Perlindungan virus & ancaman , lalu pilih Jalankan pemindaian lanjutan baru > Pemindaian Windows Defender Offline > Pindai sekarang . PC Anda akan restart, dan Windows Defender Offline akan berjalan dan memindai virus dan malware. Pemindaian mungkin memakan waktu sekitar 15 menit, dan PC Anda akan restart lagi setelah itu.
  4. Cobalah untuk mereproduksi masalah kinerja.

Demikian Tutorial Cara Menghapus Virus dan Malware pada Windows 10 admin bagikan mudah mudahan bermanfaat ........

Post a Comment for "Cara Menghapus Virus dan Malware pada Windows 10"